Selasa, 01 Maret 2011

STACK

Stack atau tumpukan adalah bentuk khusus dari linier list. Pada stack,pennghapusan serta pemasukan elemenya hanya dapat dilakukan d satu posisi,yakni posisi akhir dari list. Posisi ini disebut puncak atau top dari stack. Elemen stack S pada posisi ini dinyatakan dengan TOP(S).
Jelasnya,bila stack S[S1,S2, … , ST],maka TOP(S) adalah ST. banyaknya elemen stack S pada suatu saat tertentu biasa kita sebut sebagai NOEL(S) . Jadi untuk stack kita di atas, NOEL(S) = T. seperti halnya pada semua linier list,pada stack dikenal operasi penghapusan dan pemasukan.Operator penghapusan elemen pada stack disebut POP, sedangkan operator pemasukan elemen,disebut PUSH.

STACK DENGAN ARRAY :
Stack menggunakan array pengambil / penghapusan dielemen dalam stack yang dilaukan dengan memulainya dari elemen teratas
DOUBLE STACK DENGAN ARRAY :
Merupakan metode khusus yang dikembangkan untuk menghemat pemakaian memori dalam pembuatan dua stack dengan array . intinya adalah penggunaan hanya sebuah array untuk menampung dua buah stack.
STACK DENGAN SINGLE LINKED LIST :
Menggunakan Single Lingked List dalam pembuatan stack mempunyai keunggulan dibandingkan dengan array yaitu dapat digunakan alokasi memori yang dinamis sehingga menhindari pemborosan memori

Macam-macam operasi pada stack:
- CREATE (stack) adalah operator yang menyebabkan stack S menjadi satu Stack hampa.
- ISEMPTY(stack) bermaksud memeriksa apakah stack S hampa atau tidak.
- PUSH(elemen,stack) akan bekerja menambahkan elemen E pada stack S.
- POP(stack) akan mengurangi nilai NOEL(S) dengan I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar